FUNGSI DAN TUGAS

Lampiran        : Surat Keputusan Rektor Universitas Karya Husada Semarang

Nomor         : 212/LPMA/UNKAHA/SK/VIII/2021

Tentang         : Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Penjaminan Mutu dan

  Akademik (LPMA) Universitas Karya Husada Semarang

DESKRIPSI TUGAS TIM LEMBAGA PENJAMINAN MUTU DAN AKREDITASI

UNIVERSITAS KARYA HUSADA SEMARANG

NO

KEDUDUKAN

DESKRIPSI TUGAS

1

Rektor

  1. Bertanggung jawab dan berkomitmen penuh atas keberhasilan dan penyempurnaan SPMI, SMM ISO, dan akreditasi
  2. Menindaklanjuti hasil temuan SPMI, SMM ISO, dan akreditasi
  3. Mengevaluasi kinerja LPM

2

Dekan

  1. Menindaklanjuti temuan-temuan MONEV dan Audit Mutu
  2. Mengendalikan hasil-hasil temuan audit mutu melalui tindakan koreksi dan berupaya terus menerus melakukan perbaikan sehingga tercipta budaya mutu berdasarkan standar Dikti dilingkungan fakultas

3

Kaprodi dan Sekretaris Prodi

(Satuan Penjaminan Mutu)

  1. Merencanakan secara periodik monev penyelenggaraan bidang Akademik (Tridharma) dan Non Akademik pada masing-masing program studi.
  2. Melakukan MONEV dan AMI untuk memeriksa ketercapaian indikator mutu dalam bidang akademik dan non akademik sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan.
  3. Menyusun laporan MONEV dan Audit Mutu Internal pada tingkat prodi
  4. Menyusun laporan tentang keterlaksanaan SPMI pada masing-masing Program Studi dan melaporkan kepada Dekan, Rektor melalui LPMA secara periodik paling lambat sekali dalam setahun

4

Ka. LPMA

  1. Bertanggung jawab mengkoordinir kegiatan penjaminan mutu akademik dalam siklus PPEPP
  2. Menyusun perumusan kebijakan dan program kerja LPM
  3. Mengkoordinir pelaksanaan Audit mutu internal
  4. Pengendalian ketidak sesuaian dan tindakan perbaikan (Mengendalikan hasil-hasil temuan audit mutu melalui tindakan koreksi)
  5. Melakukan Rapat Tinjauan Manajemen

5

Sekretaris LPMA

  1. Mengkoordinir kegitan GPM dan GKM (misal keg verifikasi perangkat, evaluasi PBM dll)
  2. Menyusun laporan MONEV dan Audit Mutu Internal Universitas
  3. Membuat laporan hasil kerja pelaksanaan LPM.
  4. Melaksanakan permintaan dana untuk semua kegiatan sesuai program kerja dengan anggaran yang telah ditetapkan

6

Pengendali dokumen

  1. Pengendalian informasi terdokumentasi
  2. Pengukuran kepuasan pelanggan
  3. Penanganan keluhan pelanggan

7

Anggota sebagai pengelola program studi & Dosen atau Tendik

  1. Menyusun Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) setiap tahun
  2. Melakukan Audit Mutu Internal untuk memeriksa ketercapaian indikator mutu dalam bidang pendidikan sesuai standar mutu yang telah ditetapkan
  3. Menyusun Laporan Audit Mutu Internal dan dilaporkan secara periodik kepada Pimpinan Fakultas  

8

Gugus Penjaminan Mutu Fakultas

  1. Kontroling dan koordinasi  kelangkapan kurikulum di setiap prodi
  2. Kontrolling dan koordinasi  kegiatan Verifikasi perangkat dan soal
  3. Koordinasi terhadap evaluasi PBM  terkait RTL
  4. Laporan verifikasi tingkat fakultas

9

Gugus Kendali Mutu Prodi

  1. Memverifikasi perangkat pembelajaran
  2. Melakukan evaluasi pembelajaran pada soal evaluasi
  3. Koordinasi terhadap evaluasi PBM  terkait RTL
  4. Laporan verifikasi tingkat prodi

10

Auditor

Persiapan Monev

  1. Menerima surat penugasan pelaksanaan, lokasi, jadwal dan tata tertib monev.
  2. Menerima buku pedoman Monev SPMI
  3. Menerima dokumen berita acara dan form penilaian

Pelaksanaan Monev

  1. Memberikan penjelasan singkat tentang maksud dan tujuan serta tata cara  monev saat acara pembukaan.
  2. Auditor mempersilahkan peserta untuk mempresentasikan SPMI beserta bukti pendukungnya.
  3. Auditor melakukan identifikasi dokumen kerjasama.
  4. Auditor melakukan tanya jawab, klarifikasi dan saran perbaikan kepada peserta monev.
  5. Auditor melakukan penilaian secara langsung dan menetapkan skor sesuai pedoman Monev.
  6. Auditor mengisi berita acara kemudian mengembalikan bukti-bukti dokumen yang ada.
  7. Memberikan kesempatan kepada peserta Monev untuk banding atau melengkapi laporan dalam waktu tertentu sebelum dilaporkan kepada pimpinan.

Evaluasi Monev.

  1. Merekap hasil skoring monev
  2. Mengevaluasi hasil monev
  3. Menyerahkan hasil penilaian dan melaporkannya kepada LPM

Lampiran        : SK No 007/SEK/UNKAHA/SK/I/2023

: Penetapan Pelaksanan GPM dan GKM pada Fikkes dan Fahmi

TUGAS POKOK DAN FUNGSI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU & AKREDITASI (LPMA), GUGUS PENJAMINAN MUTU (GPM) DAN GUGUS KENDALI MUTU (GKM)

No

LEMBAGA PENJAMINAN MUTU & AKREDITASI (LPMA)

GUGUS PENJAMINAN MUTU (GPM)

GUGUS KENDALI MUTU (GKM)

1

Penetapan :

  1. Pemutakhiran dokumen SPMI
  2. RTM Penyusunan sasaran mutu pada tiap bagian (18 bagian)
  3. Semua kebijakan rektorat dan template kegiatan diturunkan ke fakultas

Penetapan :

  1. Pemutakhiran dokumen SPMI
  2. RTM Penyusunan sasaran mutu pada tiap bagian ( 8 bagian FIKKES dan 5 bagian FAHMI)
  3. Semua kebijakan rektorat dan template kegiatan dari rektorat sebagai dasar Fakultas untuk diturunkan ke prodi

Penetapan :

  1. Pemutakhiran dokumen SPMI
  2. RTM Penyusunan sasaran mutu pada prodi

2

Pelaksanaan

 

  1. Penyediaan, uji validitas dan reliabilitas instrument kepuasan pelanggan
  2. Pendistribusian dan Pengukuran kepuasan pelanggan :
  1. Layanan manajemen  
  1. Dosen (manajemen, penelitian, pengabmas)
  2. Tendik (manajemen)
  3. Mahasiswa (manajemen, pelayanan mhs)
  4. Alumni (manajemen, PBM , kompetensi)
  1. Visi Misi Universitas
  • Pemahaman visi misi

  1. AMI
  • sampai dengan Fakultas Pelaksanaan tingkat Rektorat

  1. Verifikasi perangkat pembelajaran
  • Koordinasi tim GPM dan laporan universitas

  1. LPPM menjalankan peran delegasi LPMA terkait kegiatan monev penelitian dan PKM koordinasi dengan LPPM Univ dan LPPM Fakultas
  2. Mengkoordinir pelaksaan monev penelitian dan PKM dengan pelaksana LPPM Universitas dan  LPPM Fakultas

Pelaksanaan

 

  1. Pendistribusian dan Pengukuran kepuasan pelanggan :
  1. Layanan manajemen  
  1. Stakeholder
  2. Mitra MOU
  1. Proses Pembelajaran
  • (EDOM)
  1. Proses Tugas Akhir /skirpsi/tesis
  • Proses Skripsi
  1. Visi misi fakultas
  • Pemahaman visi misi

  1. AMI
  • Pelaksanaan tingkat prodi

  1. Verifikasi perangkat pembelajaran
  • Koordinasi tim GKM dan laporan fakultas

  1. Koordinasi dalam monev penelitian dan PKM dengan pelaksana monev LPPM Univ dan LPPM Fakultas

        

Pelaksanaan

 

  1. Pengukuran kepuasan pelanggan :
  1. Layanan manajemen  
  • Stakeholder
  • Mitra MOU
  1. Proses Pembelajaran
  • (EDOM)
  1. Proses Tugas Akhir /skirpsi/tesis
  • Proses Skripsi
  1. Visi misi prodi
  • Pemahaman visi misi

  1. AMI
  • Pelaksanaan prodi

  1. Verifikasi perangkat pembelajaran
  • GKM dan laporan prodi

3

Evaluasi

  1. Laporan evaluasi dan analisis kepuasan pelanggan tingkat Universitas koordinasi dengan GPM
  1. Laporan evaluasi dan analisis Layanan manajemen  
  1. Dosen
  2. Tendik
  3. Mahasiswa
  4. Alumni
  5. Stakeholder
  6. Mitra MOU
  1. Laporan evaluasi dan analisis Proses Pembelajaran
  • (EDOM)
  1. Laporan evaluasi dan analisis Proses Tugas Akhir /skirpsi/tesis
  • Proses Skripsi
  1. Laporan evaluasi dan analisis Visi misi
  • Pemahaman visi misi
  1. Laporan evaluasi dan analisis AMI tingkat Univ pada 18 bagian
  • Pelaksanaan tingkat Rektorat sampai dengan Fakultas

  1. Laporan evaluasi dan analisis Verifikasi perangkat pembelajaran tingkat universitas
  • Koordinasi GPM
  1. Laporan kegiatan monev penelitian dan PKM koordinasi dengan LPPM Univ dan LPPM Fakultas

  1. Rapat Tinjauan Manajemen
  • Evaluasi IKU IKT tingkat univ (18 bagian)

Evaluasi

  1. Laporan evaluasi dan analisis kepuasan pelanggan tingkat fakultas koordinasi dengan GKM
  1. Laporan evaluasi dan analisis Layanan manajemen
  • Stakeholder
  • Mitra MOU
  1. Laporan evaluasi dan analisis Proses Pembelajaran
  • (EDOM)
  1. Laporan evaluasi dan analisis Proses Tugas Akhir /skirpsi/tesis
  • Proses Skripsi
  1. Laporan evaluasi dan analisis Visi misi
  • Pemahaman visi misi

  1. Laporan evaluasi dan analisis AMI tingkat fakultas ( 8 bagian FIKKES dan 6 bagian FAHMI)
  • Pelaksanaan tingkat Fakultas sampai dengan prodi
  1. Laporan evaluasi dan analisis Verifikasi perangkat pembelajaran tingkat fakultas
  • Koordinasi tim
  1. Laporan monev penelitian dan PKM koordinasi dengan LPPM Universitas, Fakultas, Dekanat dan Departemen

  1. Rapat Tinjauan Manajemen
  • Evaluasi IKU IKT tingkat fakultas (8 bagian Fikkes dan 6 Bagian Fahmi)

Evaluasi

  1. Laporan evaluasi dan analisis kepuasan pelanggan tingkat prodi
  1. Laporan evaluasi dan analisis Layanan manajemen  
  • Stakeholder
  • Mitra MOU
  1. Laporan evaluasi dan analisis Proses Pembelajaran
  • (EDOM)
  1. Laporan evaluasi dan analisis Proses Tugas Akhir /skirpsi/tesis
  • Proses Skripsi
  1. Laporan evaluasi dan analisis Visi misi
  • Pemahaman visi misi

  1. Laporan evaluasi dan analisis AMI tingkat prodi
  • Pelaksanaan tingkat prodi

  1. Laporan evaluasi dan analisis Verifikasi perangkat pembelajaran tingkat prodi
  • Koordinasi tim
  1. Rapat Tinjauan Manajemen
  • Evaluasi IKU IKT tingkat prodi

4

Pengendalian tingkat universitas

  1. RTL laporan evaluasi dan analisis layanan manajemen
  1. Dosen (manajemen, penelitian, pengabmas)
  2. Tendik
  3. Mahasiswa (manajemen, pelayanan mhs)
  4. Alumni (manajemen, PBM , kompetensi
  1. RTL laporan evaluasi dan analisis AMI
  2. RTL laporan evaluasi dan analisis IKU IKT

Pengendalian tingkat fakultas

  1. RTL laporan evaluasi dan analisis layanan manajemen
  1. Stakeholder
  2. Mitra MOU
  1. RTL laporan evaluasi dan analisis proses pembelajaran
  2. RTL laporan evaluasi dan analisis proses tugas akhir
  1. RTL laporan evaluasi dan analisis AMI
  1. RTL laporan evaluasi dan analisis Verifikasi perangkat pembelajaran
  2. RTL Laporan monev penelitian dan PKM koordinasi dengan LPPM Universitas, LPPM Fakultas
  3. RTL laporan evaluasi dan analisis IKU IKT

Pengendalian tingkat prodi

  1. RTL laporan evaluasi dan analisis layanan manajemen
  1. Stakeholder
  2. Mitra MOU
  1. RTL laporan evaluasi dan analisis proses pembelajaran
  2. RTL laporan evaluasi dan analisis proses tugas akhir
  3. RTL laporan evaluasi dan analisis AMI
  4. RTL laporan evaluasi dan analisis Verifikasi perangkat pembelajaran
  5. RTL laporan evaluasi dan analisis IKU IKT

5

Peningkatan

  1. Sertifikasi ISO 21001: 2018
  2. Pelatihan Auditor
  3. Workshop SPMI SPME

Peningkatan

  1. Sertifikasi ISO 21001: 2018
  2. Pelatihan Auditor
  3. Workshop SPMI SPME

Peningkatan

  1. Sertifikasi ISO 21001: 2018
  2. Pelatihan Auditor
  3. Workshop SPMI SPME

6

Lain –lain

  1. Koordinasi Persiapan Akreditasi
  2. Koordinasi Persiapan Monev tingkat univ

Lain –lain

  1. Koordinasi Persiapan dan Pelaksanaan  Akreditasi  
  2. Koordinasi Persiapan Monev fakultas

Lain –lain

  1. Persiapan Akreditasi dan Pelaksanaan Akreditasi
  2. Persiapan Monev prodi