FUNGSI DAN TUGAS
Lampiran : Surat Keputusan Rektor Universitas Karya Husada Semarang
Nomor : 212/LPMA/UNKAHA/SK/VIII/2021
Tentang : Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Penjaminan Mutu dan
Akademik (LPMA) Universitas Karya Husada Semarang
DESKRIPSI TUGAS TIM LEMBAGA PENJAMINAN MUTU DAN AKREDITASI
UNIVERSITAS KARYA HUSADA SEMARANG
NO | KEDUDUKAN | DESKRIPSI TUGAS |
1 | Rektor | - Bertanggung jawab dan berkomitmen penuh atas keberhasilan dan penyempurnaan SPMI, SMM ISO, dan akreditasi
- Menindaklanjuti hasil temuan SPMI, SMM ISO, dan akreditasi
- Mengevaluasi kinerja LPM
|
2 | Dekan | - Menindaklanjuti temuan-temuan MONEV dan Audit Mutu
- Mengendalikan hasil-hasil temuan audit mutu melalui tindakan koreksi dan berupaya terus menerus melakukan perbaikan sehingga tercipta budaya mutu berdasarkan standar Dikti dilingkungan fakultas
|
3 | Kaprodi dan Sekretaris Prodi (Satuan Penjaminan Mutu)
| - Merencanakan secara periodik monev penyelenggaraan bidang Akademik (Tridharma) dan Non Akademik pada masing-masing program studi.
- Melakukan MONEV dan AMI untuk memeriksa ketercapaian indikator mutu dalam bidang akademik dan non akademik sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan.
- Menyusun laporan MONEV dan Audit Mutu Internal pada tingkat prodi
- Menyusun laporan tentang keterlaksanaan SPMI pada masing-masing Program Studi dan melaporkan kepada Dekan, Rektor melalui LPMA secara periodik paling lambat sekali dalam setahun
|
4 | Ka. LPMA | - Bertanggung jawab mengkoordinir kegiatan penjaminan mutu akademik dalam siklus PPEPP
- Menyusun perumusan kebijakan dan program kerja LPM
- Mengkoordinir pelaksanaan Audit mutu internal
- Pengendalian ketidak sesuaian dan tindakan perbaikan (Mengendalikan hasil-hasil temuan audit mutu melalui tindakan koreksi)
- Melakukan Rapat Tinjauan Manajemen
|
5 | Sekretaris LPMA | - Mengkoordinir kegitan GPM dan GKM (misal keg verifikasi perangkat, evaluasi PBM dll)
- Menyusun laporan MONEV dan Audit Mutu Internal Universitas
- Membuat laporan hasil kerja pelaksanaan LPM.
- Melaksanakan permintaan dana untuk semua kegiatan sesuai program kerja dengan anggaran yang telah ditetapkan
|
6 | Pengendali dokumen | - Pengendalian informasi terdokumentasi
- Pengukuran kepuasan pelanggan
- Penanganan keluhan pelanggan
|
7 | Anggota sebagai pengelola program studi & Dosen atau Tendik
| - Menyusun Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) setiap tahun
- Melakukan Audit Mutu Internal untuk memeriksa ketercapaian indikator mutu dalam bidang pendidikan sesuai standar mutu yang telah ditetapkan
- Menyusun Laporan Audit Mutu Internal dan dilaporkan secara periodik kepada Pimpinan Fakultas
|
8 | Gugus Penjaminan Mutu Fakultas
| - Kontroling dan koordinasi kelangkapan kurikulum di setiap prodi
- Kontrolling dan koordinasi kegiatan Verifikasi perangkat dan soal
- Koordinasi terhadap evaluasi PBM terkait RTL
- Laporan verifikasi tingkat fakultas
|
9 | Gugus Kendali Mutu Prodi
| - Memverifikasi perangkat pembelajaran
- Melakukan evaluasi pembelajaran pada soal evaluasi
- Koordinasi terhadap evaluasi PBM terkait RTL
- Laporan verifikasi tingkat prodi
|
10 | Auditor | Persiapan Monev - Menerima surat penugasan pelaksanaan, lokasi, jadwal dan tata tertib monev.
- Menerima buku pedoman Monev SPMI
- Menerima dokumen berita acara dan form penilaian
Pelaksanaan Monev - Memberikan penjelasan singkat tentang maksud dan tujuan serta tata cara monev saat acara pembukaan.
- Auditor mempersilahkan peserta untuk mempresentasikan SPMI beserta bukti pendukungnya.
- Auditor melakukan identifikasi dokumen kerjasama.
- Auditor melakukan tanya jawab, klarifikasi dan saran perbaikan kepada peserta monev.
- Auditor melakukan penilaian secara langsung dan menetapkan skor sesuai pedoman Monev.
- Auditor mengisi berita acara kemudian mengembalikan bukti-bukti dokumen yang ada.
- Memberikan kesempatan kepada peserta Monev untuk banding atau melengkapi laporan dalam waktu tertentu sebelum dilaporkan kepada pimpinan.
Evaluasi Monev. - Merekap hasil skoring monev
- Mengevaluasi hasil monev
- Menyerahkan hasil penilaian dan melaporkannya kepada LPM
|
Lampiran : SK No 007/SEK/UNKAHA/SK/I/2023
: Penetapan Pelaksanan GPM dan GKM pada Fikkes dan Fahmi
TUGAS POKOK DAN FUNGSI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU & AKREDITASI (LPMA), GUGUS PENJAMINAN MUTU (GPM) DAN GUGUS KENDALI MUTU (GKM)
No | LEMBAGA PENJAMINAN MUTU & AKREDITASI (LPMA) | GUGUS PENJAMINAN MUTU (GPM) | GUGUS KENDALI MUTU (GKM) |
1 | Penetapan : - Pemutakhiran dokumen SPMI
- RTM Penyusunan sasaran mutu pada tiap bagian (18 bagian)
- Semua kebijakan rektorat dan template kegiatan diturunkan ke fakultas
| Penetapan : - Pemutakhiran dokumen SPMI
- RTM Penyusunan sasaran mutu pada tiap bagian ( 8 bagian FIKKES dan 5 bagian FAHMI)
- Semua kebijakan rektorat dan template kegiatan dari rektorat sebagai dasar Fakultas untuk diturunkan ke prodi
| Penetapan : - Pemutakhiran dokumen SPMI
- RTM Penyusunan sasaran mutu pada prodi
|
2 | Pelaksanaan - Penyediaan, uji validitas dan reliabilitas instrument kepuasan pelanggan
- Pendistribusian dan Pengukuran kepuasan pelanggan :
- Layanan manajemen
- Dosen (manajemen, penelitian, pengabmas)
- Tendik (manajemen)
- Mahasiswa (manajemen, pelayanan mhs)
- Alumni (manajemen, PBM , kompetensi)
- Visi Misi Universitas
- AMI
- sampai dengan Fakultas Pelaksanaan tingkat Rektorat
- Verifikasi perangkat pembelajaran
- Koordinasi tim GPM dan laporan universitas
- LPPM menjalankan peran delegasi LPMA terkait kegiatan monev penelitian dan PKM koordinasi dengan LPPM Univ dan LPPM Fakultas
- Mengkoordinir pelaksaan monev penelitian dan PKM dengan pelaksana LPPM Universitas dan LPPM Fakultas
| Pelaksanaan - Pendistribusian dan Pengukuran kepuasan pelanggan :
- Layanan manajemen
- Stakeholder
- Mitra MOU
- Proses Pembelajaran
- Proses Tugas Akhir /skirpsi/tesis
- Visi misi fakultas
- AMI
- Pelaksanaan tingkat prodi
- Verifikasi perangkat pembelajaran
- Koordinasi tim GKM dan laporan fakultas
- Koordinasi dalam monev penelitian dan PKM dengan pelaksana monev LPPM Univ dan LPPM Fakultas
| Pelaksanaan - Pengukuran kepuasan pelanggan :
- Layanan manajemen
- Proses Pembelajaran
- Proses Tugas Akhir /skirpsi/tesis
- Visi misi prodi
- AMI
- Verifikasi perangkat pembelajaran
|
3 | Evaluasi
- Laporan evaluasi dan analisis kepuasan pelanggan tingkat Universitas koordinasi dengan GPM
- Laporan evaluasi dan analisis Layanan manajemen
- Dosen
- Tendik
- Mahasiswa
- Alumni
- Stakeholder
- Mitra MOU
- Laporan evaluasi dan analisis Proses Pembelajaran
- Laporan evaluasi dan analisis Proses Tugas Akhir /skirpsi/tesis
- Laporan evaluasi dan analisis Visi misi
- Laporan evaluasi dan analisis AMI tingkat Univ pada 18 bagian
- Pelaksanaan tingkat Rektorat sampai dengan Fakultas
- Laporan evaluasi dan analisis Verifikasi perangkat pembelajaran tingkat universitas
- Laporan kegiatan monev penelitian dan PKM koordinasi dengan LPPM Univ dan LPPM Fakultas
- Rapat Tinjauan Manajemen
- Evaluasi IKU IKT tingkat univ (18 bagian)
| Evaluasi
- Laporan evaluasi dan analisis kepuasan pelanggan tingkat fakultas koordinasi dengan GKM
- Laporan evaluasi dan analisis Layanan manajemen
- Laporan evaluasi dan analisis Proses Pembelajaran
- Laporan evaluasi dan analisis Proses Tugas Akhir /skirpsi/tesis
- Laporan evaluasi dan analisis Visi misi
- Laporan evaluasi dan analisis AMI tingkat fakultas ( 8 bagian FIKKES dan 6 bagian FAHMI)
- Pelaksanaan tingkat Fakultas sampai dengan prodi
- Laporan evaluasi dan analisis Verifikasi perangkat pembelajaran tingkat fakultas
- Laporan monev penelitian dan PKM koordinasi dengan LPPM Universitas, Fakultas, Dekanat dan Departemen
- Rapat Tinjauan Manajemen
- Evaluasi IKU IKT tingkat fakultas (8 bagian Fikkes dan 6 Bagian Fahmi)
| Evaluasi
- Laporan evaluasi dan analisis kepuasan pelanggan tingkat prodi
- Laporan evaluasi dan analisis Layanan manajemen
- Laporan evaluasi dan analisis Proses Pembelajaran
- Laporan evaluasi dan analisis Proses Tugas Akhir /skirpsi/tesis
- Laporan evaluasi dan analisis Visi misi
- Laporan evaluasi dan analisis AMI tingkat prodi
- Pelaksanaan tingkat prodi
- Laporan evaluasi dan analisis Verifikasi perangkat pembelajaran tingkat prodi
- Rapat Tinjauan Manajemen
- Evaluasi IKU IKT tingkat prodi
|
4 | Pengendalian tingkat universitas - RTL laporan evaluasi dan analisis layanan manajemen
- Dosen (manajemen, penelitian, pengabmas)
- Tendik
- Mahasiswa (manajemen, pelayanan mhs)
- Alumni (manajemen, PBM , kompetensi
- RTL laporan evaluasi dan analisis AMI
- RTL laporan evaluasi dan analisis IKU IKT
| Pengendalian tingkat fakultas - RTL laporan evaluasi dan analisis layanan manajemen
- Stakeholder
- Mitra MOU
- RTL laporan evaluasi dan analisis proses pembelajaran
- RTL laporan evaluasi dan analisis proses tugas akhir
- RTL laporan evaluasi dan analisis AMI
- RTL laporan evaluasi dan analisis Verifikasi perangkat pembelajaran
- RTL Laporan monev penelitian dan PKM koordinasi dengan LPPM Universitas, LPPM Fakultas
- RTL laporan evaluasi dan analisis IKU IKT
| Pengendalian tingkat prodi - RTL laporan evaluasi dan analisis layanan manajemen
- Stakeholder
- Mitra MOU
- RTL laporan evaluasi dan analisis proses pembelajaran
- RTL laporan evaluasi dan analisis proses tugas akhir
- RTL laporan evaluasi dan analisis AMI
- RTL laporan evaluasi dan analisis Verifikasi perangkat pembelajaran
- RTL laporan evaluasi dan analisis IKU IKT
|
5 | Peningkatan - Sertifikasi ISO 21001: 2018
- Pelatihan Auditor
- Workshop SPMI SPME
| Peningkatan - Sertifikasi ISO 21001: 2018
- Pelatihan Auditor
- Workshop SPMI SPME
| Peningkatan - Sertifikasi ISO 21001: 2018
- Pelatihan Auditor
- Workshop SPMI SPME
|
6 | Lain –lain - Koordinasi Persiapan Akreditasi
- Koordinasi Persiapan Monev tingkat univ
| Lain –lain - Koordinasi Persiapan dan Pelaksanaan Akreditasi
- Koordinasi Persiapan Monev fakultas
| Lain –lain - Persiapan Akreditasi dan Pelaksanaan Akreditasi
- Persiapan Monev prodi
|